Label

Rabu, 04 April 2012

Wujudkan Demokrasi Yang Bermartabat Untuk Kesejahteraan Rakyat

Wujudkan Demokrasi Yang Bermartabat 
Untuk Kesejahteraan Rakyat


Suatu pemerintahan perwakilan membutuhkan mekanisme untuk mengekspresikan keinginan yang diwakili sehingga hak kebebasan berserikat dan mengeluarkan pendapat diakui sebagai hak asasi manusia yang penting. Partai politik merupakn salah satu wujud pelaksanaan hak tersebut demi berjalannya demokrasi.
Pemerintah modern yang demokratis yaitu pemerintahan yang dibentuk melalui pemilihan umum yang diikuti oleh partai politik. Partai politik memainkan peranan penting dalam pemilihan organ legislatif maupun eksekutif. Proses inilah yang disebut rekruitmen politk. Dengan kata lain, pemerintahan demokrasi modern dibentuk dari satu partai atau koalisi dengan beberapa partai.
Namun demikian, kebebasan berserikat sebagai hak asasi manusia memiliki batasan yang diperlukan dalam masyarakat demokratis demi keamanan nasional dan keselamatan publik untuk mencegah kejahatan serta umtuk melindungi kesehatan dan moral serta untuk melindungi hak kebebasan lain terkait denganWacana pencalonan Bupati Kuningan, H Aang Hamid Suganda, dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Barat sepertinya bukan omong kosong. Pasalnya, DPC PDIP Kuningan sebagai partai yang mengusungnya telah mengambil dormulir pendaftaran ke DPD PDIP Jawa Barat, untuk mengikuti penjaringan internal.Selain Bupati Kuningan H Aang Hamid Suganda, saat ini sudah ada empat orang kader PDIP Jawa Barat lainnya yang telah mengambil formulir pendaftaran. Mereka adalah, Bupati Cirebon H Dedi Supardi, Bupati Subang H Eep Hidayat, Bupati Sumedang Don Murdono, serta Wakil Ketua DPD PDIP Jawa Barat, Gatot.
Gagasan pemerintahan  demokrasi yang konstitusional selalu mengalami dinamika, baik pada aspek penataan lembaga pemerintah itu sendiri, proses legislasi maupun judicial review.
Dinamika ini terjadi karena realisasi dengan kekuasaan yang dinamis. Tatanan yang telah ada dan kita miliki saat ini akan selalu berkembang seiring dengan perkembangan gagasan dan kostelasi kepemerintahan.
Dengan kata lain siapapun calon dan yang mencalonkan yang terkait di pemilihan gubernur nanti haruslah mewujudkan demokrasi yang bermartabat untuk kesejahteraan rakyatnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar