Label

Rabu, 04 April 2012

TEKNOLOGI INTERNET



Internet pertama kali di temukan oleh sebuah badan pertahanan Amerika Serikat yang bernama ARPA (Advance Research Project Agency). Badan tersebut mengalami kesulitan dalam penerimaan dan penyebaran informasi terutama pada saat terjadinya peperangan penyebaran informasi harus terpusat pada satu titik. Sehingga apabila salah satu titik terputus, informasi tidak dapat disampaikan melalui titik lain. Untuk menghindari pemusatan informasi di satu titik tersebut maka dibuatlah sebuah jaringan telekomunkasi.
Pada tahun 1965, dengan didanai oleh ARPA seorang tokoh informasi yang bernama Lary Robert dan Thomas Marill mencoba membuat koneksi Wide Area Network. Mereka menghubungkan komputer jenis TX-2 di MIT dengan komputer Q-32 di Santa Monica melalui jaringan telepon. Dari percobaan tersebut disimpulkan bahwa jaringan telepon dapat mengirim data. Tiga tahun kemudian percobaan jaringan tersebut berhasil dibuat yang di sebut sebagai ARPAnet.
Pada awalnya, internet hanya memberikan layanan membaris teks seperti Remote Acces, E-mail, dan diskusi melalui newsgroup. Layanan berbaris grafik seperti World Wide Web belum ada, yang ada layanan gopher yang dalam beberapa hal mirip seperti Web. Kemudian pada tahun 1990 CERN (Laboratorium Fisika Partikel di Swiss) mengembangkan WWW. Namun WWW browser baru di keluarkan setelah dua tahun, yaitu pada tahun 1992 dengan nama viola yang di luncurkan oleh Pei Wei dan didistribusikan bersama CERN WWW.
A. Pengertian Internet
Internet adalah singkatan dari interconnected network. Secara arti kata interconnected berarti saling terhubung sedangkan network berarti jaringan, internet berarti jaringan komputer yang saling terhubung. Dengan demikian pengertian internet adalah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia.
Internet mempunyai peranan penting, yaitu sebagai sumber data dan informasi serta sebagai sarana pertukaran data dan infrormasi. Sebagai sumber informasi kita dapat mengakses data apa saja yang dibutuhkan. Sedangkan sebagai sarana pertukaran data dan informasi, kita dapat saling bertukar informasi dengan pengguna internet yang lain dengan waktu yang relatif cepat.

B. Aplikasi Pada Internet
Aplikasi di internet pada saat ini telah banyak kita jumpai, aplikasi tersebut digunakan dikalangan masyarakat dalam bidang akademis, medis, media masa, dan berbagai di sektor industri. Dari sekian banyak aplikasi di internet, yang paling di kenal masyarakat di antaranya:
a.       E-mail
E-mail adalah singkatan dari electronic mail yang berarti surat elektronik adalah fasilitas yang ada di internet untuk menerima atau mengirim surat secara elektronik. Pengguna internet dapat saling bertukar pendapat, pikiran, pengalaman, kenalan dll. Pengguna harus membuat e-count e-mail terlebih dahulu agar dapat berkirim pesan melalui e-mail. Setiap pesan yang masuk akan di simpan dalam kotak mail box dan setiap pesan yang telah di kirim akan di simpan dalam kotak out box. Sedangkan untuk membaca pesan atau e-mail yang masuk dapat di buka pada kotak pilihan in box.

b.      Mailing List
Mailing List atau lebih di kenal dengan sebutan Milis adalah bentuk lain dari e-mail. Aplikasi ini digunakan sebagai sarana diskusi dan bertukar informasi dalam satu kelompok melalui e-mail. Pengguna yang merupakan anggota milis adalah mereka yang telah melakukan registrasi di e-count e-mail tertentu. Registrasi biasanya di lakukan dengan memasukan user Id dan password.
c.       Newsgroup
Newsgroup merupakan program aplikasi yang di gunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain dalam sebuah forum. Dengan program ini kita dapat memberikan pendapat dan menyanggah terhadap perbincangan tersebut.
d.      FTP (File Transfer Protocol)
FTP adalah sarana untuk memindahkan atau mengcopy file dan computer satu ke computer lainnya bahkan mengambil suatu file dari internet. FTP juga dapat meng-upload file situs atau homepege sehingga dapat di akses oleh pengguna dari seluruh dunia.

C. Pemanfaatan internet untuk bisnis
a.   E-Comemere
Elektronik commere atau di sebut juga perdagangan elektronik adalah perdagangan yang di lakukan dengan memanfaatkan jaringan internet untuk bertransaksi. Dengan jaringan ini setiap perusahaan atau pialah bisnis dapat melakukan transaksi kesuruh perdagangan di seluruh dunia. Manfaatnya antara lain:
-     Perusahaan dapat memperkenalkan produknyahe khalayak dengan cepat dan mudah,
-     Perusahaan tidak perlu membuka cabang,
-     Biaya yang sangat murah sehingga menekan biaya operasional perusahaan.
                         
b.   Internet Banking
      Internet Banking yang dikenal dengan Electronic banking (E-Banking), Cyberbanking, Virtual Banking, Home Banking, dan OnLine Banking adalah aktivitas perbankan yang dilakukan di rumah, dikantor, atau ditempat lain dengan menggunakan pasilitas internet. Dengan internet banking kita tidak perlu dating ke bank untuk melakukan trnasaksi perbankan cukup dengan mengklik website perbankan yang dimaksud.
c.   Belajar jarak jauh
      Belajar jarak jauh atau dikenal dengan E-Learning dapat diartikan sebagai sebuah bentuk penerapan teknologi informasi di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah lainnya. Dengan teknologi E-learning semua proses belajar mengajar dapat dilakuakan secara live maupun virtual, artinya dalam saat yang sama.

A.    Perangkat unuk mengakses internet
a) Internet service provider
Untuk dapat terhubung dengan internet selain software dan hardwere , kita harus terdaftar menjadi pelanggan sebuah perusahaan penyedia jasa internet atau lebih di kenal dengan ISP[internet service provider].Dengan menjadi pelanggan sebuah ISP, kita akan diberikan sebuah username dan password yang akan di gunakan setiap kali mengakses internet. Contoh beberapa perusahaan jasa ISP yang ada di Indonesia antara lain:indosatnet, maganet, telkomnet, indonet, centrin, visionet, bitnet, globalnet, idola, w-net, dan d-net. Ada beberapa kriteria untuk sebuah ISP yang baik, di antaranya:
1.      Kecepatan transfer data
Kecepatan transfer data merupakan sebuah hal penting.Kecepatan transfer data dari sebuah computer server di internet ke computer kita sangat bergantung pada kecepatan transfer data dari provider yang kita gunakan .Satuan kecepatan transfer data adalah bps (byte per seconed).

2.      Bandwith
Bandwith adalah lebar saluran data yang di lewati secara bersamaan oleh data-data yang di transfer. Bandwith yang akan di ibaratkan sebuah jalan raya yang di penuhi kensaraan.Agar transfer data sema cepat, maka kita perlu mengetahui kemampuan bandwith yang di miliki oleh ISP.
3.      Memiliki server proxy
Server proxy adalah suatu mekanisme perantara antara computer pengguna dengan intarnet. Dengan adanya server proxy,pelanggan dapat mengunjungi alamat-alamat faforitnya dengan cepat karena tidak perlu mengunjungi alamat websitenya.
4.      Memiliki back bone
Back bone adalah saluran koneksi utama jaringan ISP dengan internet. Pembuatan sebuah back bone memerlukan dana yang cukup besar. Maka dari itu, ISP yang ada di Indonesia pada umumnya menyewa back bone dari perusahaan lain dan menggunakan back bone secara bersamaan dengan ISP-ISP lain.       
5.      Biaya
Kita juga perlu mempertimbangkan bagaimana sistim pembayaran yang di miliki oleh sebuah IS, karena selain kita akan membayar biaya akses internet juga kita akan membayar biaya telpon. Ada dua system pembayaran biaya yang di miliki oleh ISP yaitu dengan system paket yang dibayar per bulan, ada juga pembayaran setiap akhir pemakaian. Biasanya system pembayaran paket akan lebih murah di bandingkan dengan pembayaran setiap akhir bulan.
             
              b) Modem
Modem adalah alat untuk mengirim dan menerima data yang berupa sinyal analog (sinyal suara) melalui saluran komunikasi, yaitu telepon. Modem akan mengubah sinyal analog dari telepon menjadi sinyal digital ke komputer atau mengubah sinyal digital dari komputer menjadi sinyal analog sehingga sinyal tersebut dilewatkan melalui kabel telepon. Dengan cara ini, modem dapat membuat dua buah komputer berkomunikasi melalui kabel telepon. Minimal modem untuk mengakses internet memiliki kecepatan 28.800 bps (bit per second). Modem dapat di bedakan menjadi dua, yaitu:
-     Modem internal
Modem internal merupakan modem dalam bentuk card yang di letakan pada bagian dalam CPU (pada slot mainboard). Biasanya modem internal memiliki kecepatan untuk mendownload informasi 56 Kbps. Modem internal memiliki jenis modem berupa card. Pemasangan modem ini lebih mudah dari pada pemasangan modem eksternal
-     Modem eksternal
Modem eksternal merupakan modem yang diletakan diluar CPU, sehingga kita lebih mudah memasangnya dengan kabel komunikasi atau serial dan penggunaanya lebih gampang, karena dapat dipindah dari satu komputer ke komputer lain. Kelemahannya adalah harganya lebih mahal dibanding modem internal.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar