Label

Rabu, 04 April 2012

PEDOMAN LAPORAN


Salah satu upaya untuk meningkatkan transparansi dan sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban, maka setiap unit yang telah melakukan kegiatan diwajibkan membuat laporan kegiatan. Pembuatan laporan kegiatan/anggaran ini sesuai dengan Instruksi Menteri Pendidikan Nasional Nomor: I/U/2002 tentang Pelaksanaan Akuntabilitas Kinerja di Lingkungan Departemen Pendidikan Nasional.
Penulisan Laporan Pelaksanaan Program, Kegiatan dan Anggaran di lingkungan Universitas Bengkulu secara umum ditujukan untuk mendapatkan informasi mengenai pelaksanaan program, kegiatan dan anggaran, keberhasilannya dan masalah-masalah yang dihadapi dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh setiap unit di lingkungan Universitas Bengkulu. Laporan juga dimaksudkan untuk mengkaji output dan outcome program yang dilaksanakan sebagai umpan balik untuk pengambilan keputusan manajemen dalam pelaksanaan program, kegiatan dan anggaran tahun berikutnya.
Secara khusus, penulisan laporan program, kegiatan dan anggaran oleh setiap unit ditujukan untuk:
a. menilai sejauh mana kemajuan implementasi program yang telah dicapai serta kesesuaiannya dengan rencana program, kegiatan dan anggaran dan jadwal serta output dan outcome yang ditargetkan.
b. menilai kesesuaian proses pelaksanaannya dengan prosedur dan persyaratan yang ditetapkan.
c. mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi oleh institusi dalam melaksanakan program, kegiatan dan anggaran, termasuk upaya-upaya yang telah dilakukan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

A. Landasar Hukum Pelaksanaan
          Landasan hukum pelaksanaan laporan kegiatan/anggaran di Universitas Bengkulu adalah sebagai berikut:
1.      Instruksi Menteri Pendidikan Nasional Nomor: I/U/2002 tentang Pelaksanaan Akuntabilitas Kinerja dilingkungan Departemen Pendidikan Nasional.
2.      Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 111/O/2004, tentang Statuta  Universitas Bengkulu dan berbagai peraturan perundangan terkait lainnya.
3.      HELTS Dikti 2003-2010.
4.      Rencana Strategis Universitas Bengkulu.

B. Tujuan
Pedoman ini dimaksudkan sebagai acuan bagi setiap unit kerja di lingkungan Universitas Bengkulu dalam menyusun Laporan Pelaksanaan Kegiatan dan Anggaran sebagai salah satu bentuk media pertanggungjawaban yang disampaikan secara melembaga.

C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup pedoman pembuatan laporan ini mencakup pelaporan mengenai pelaksanaan kegiatan sebagai berikut:
a.   Laporan Tahunan bersumber pada Anggaran PKUPT, Anggaran Administrasi Umum, Anggaran Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP).
b.   Laporan Tengah Tahunan bersumber pada Anggaran PKUPT, Anggaran Administrasi Umum, Anggaran Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP).
c. Laporan Bulanan bersumber pada  Anggaran PKUPT, Anggaran Administrasi Umum, Anggaran Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP).
d.   Laporan Hasil Pelaksanaan Kegiatan Proyek bersumber pada Anggaran PKUPT.
d.   Laporan Pelaksanaan Daya Serap Anggaran bersumber pada Anggaran PKUPT, Anggaran Administrasi Umum, Anggaran Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP).
STRATEGI PEMBUATAN LAPORAN KEGIATAN/ANGGARAN

A. Definisi Konsep

a. Laporan Tahunan adalah perwujudan kewajiban suatu instansi pemerintah untuk mempertanggung jawabkan keberhasilan/kegagalan pelaksanaan misi organisasi dalam mencapai tujuan-tujuan dan saran-saran yang telah ditetapkan melalui pertanggung jawaban setiap akhir tahun anggaran dan bersumber pada Anggaran PKUPT, Anggaran Administrasi Umum dan Anggaran PNBP.
b. Laporan Tengah Tahunan adalah perwujudan kewajiban suatu instansi pemerintah untuk mempertanggungjawabkan keberhasilan/kegagalan pelaksanaan misi organisasi dalam mencapai tujuan-tujuan dan sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pertanggungjawabkan setiap 6 bulan (tengah tahun anggaran) dan bersumber pada Anggaran PKUPT, Anggaran Administrasi Umum dan Anggaran PNBP.
c. Laporan Pelaksanaan Kegiatan Proyek yaitu laporan yang dibuat oleh Unit setelah selesai melaksanakan suatu kegiatan yang anggarannya bersumber pada Dana PKUPT.
d. Laporan Daya Serap Anggaran merupakan laporan penggunaan dana PKUPT, untuk bulanan, triwulanan dan tahunan.
e. Laporan Bulanan adalah laporan kegiatan pelaksanaan RPKA yang disusun oleh unit kerja untuk kepentingan Universitas Bengkulu yang disajikan menurut sistematika dalam format dan definisi yang seragam.

B. Prinsip Pelaksanaan
Pembuatan laporan kegiatan dan anggaran oleh setiap unit di lingkungan Universitas Bengkulu dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut: 1) kejelasan tujuan dan hasil yang diperoleh dari kegiatan/anggaran; 2) pembuatan laporan dilakukan secara objektif sesuai dengan fakta di lapangan; 3) dikerjakan oleh petugas yang memahami  konsep, teori dan proses serta berpengalaman dalam membuat  laporan pelaksanaan program, kegiatan dan anggaran agar hasilnya  sahih dan handal; 4) pembuatan laporan dilakukan secara terbuka; 5) melibatkan  berbagai pihak yang dipandang perlu dan berkepentingan secara proaktif; 6) laporannya dapat dipertanggungjawabkan secara internal dan eksternal; 7) mencakup seluruh objek agar dapat menggambarkan secara utuh kondisi dan situasi; 8) pelaksanaan dilakukan sesuai dengan jadwal  yang telah ditetapkan dan pada saat yang tepat agar tidak kehilangan momentum yang sedang terjadi; 9) dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan; 10) berbasis indikator kinerja, yaitu kriteria/indikator yang dikembangkan berdasarkan  sepuluh program strategis UNIB; 11) efektif dan efisien.

            Agar pembuatan laporan pelaksanaan program, kegiatan dan anggaran dapat dibuat sesuai dengan aturan yang berlaku, maka perlu diperhatikan tahapan-tahapan pembuatan laporan. Laporan ini pada dasarnya adalah membandingkan perencanaan dan realisasi kegiatan.
Adapun tahapan pembuatan laporan sebagai berikut:

1.     Menentukan Pejabat/Staf Unit yang Terlibat Penyusunan Laporan

                  Dalam penyusunan laporan diharapkan Pimpinan unit dan pejabat lainnya di unit tersebut serta pemegang UMK bersama-sama membahas kegiatan yang akan dilaporkan.  Jika dibutuhkan, dapat melibatkan staf yang dianggap dapat membantu penyusunan laporan tersebut. Dengan demikian, tujuan pembuatan laporan yang transparan dan akuntabel dapat tercapai.

2.     Memahami Format

3.    Menggunakan Informasi/Kolom Perencanaan untuk Lakip
       Berdasarkan pemahaman terhadap kedua format di atas, maka dapat diputuskan informasi/kolom apa saja yang ada pada format perencanaan untuk dipergunakan kembali pada format LAKIP.
4.    Mengisi Data yang Belum Ada Pada Format Lakip
       Data yang belum ada pada format perencanaan dan harus diisi pada format Lakip adalah data SDM yang terlibat dan  proses (waktu). Keluaran dapat diambil dari kolom terakhir (hasil yang diharapkan).
5.    Menghitung/Mengisi Realisasi
       Hal-hal yang telah dicapai terkait dengan unsur-unsur pada rencana (Dana, SDM, Proses/Waktu, dan Keluaran) dituliskan pada kolom realisasi.
6.    Menghitung Persentase Capaian

KERANGKA LAPORAN PELAKSANAAN

PROGRAM, KEGIATAN DAN ANGGARAN

 

A. Unit Kerja di  Universitas

Format Laporan terdiri dari :

I.       Pendahuluan

      Bagian ini menguraikan proses  pembuatan laporan, yaitu waktu penyusunan dan pejabat/staf yang terlibat (semua pejabat di unit bersangkutan dari Eselon I sampai Eselon IV) serta data unit yang meliputi :

      1.   Data Sumber Daya Manusia (SDM) 

      2.   Data Khusus Unit

Data khusus unit merupakan data yang sering dibutuhkan Universitas Bengkulu dan unit bersangkutan merupakan satu-satunya penyedia atau pengelola data tersebut.  Data yang dilaporkan untuk tengah tahunan dan tahunan disesuaikan dengan data yang tersedia.  Beberapa perkiraan atau contoh data khusus unit:

a.       Laporan data terakhir bahan  ajar dan soal oleh unit fakultas (jumlah judul bahab ajar, jumlah judul multi media, jumlah bahan ajar yang direvisi dalam satu tahun anggaran terakhir, dll)

b.      Laporan data penelitian, publikasi dan kerjasama 5 tahun terakhir oleh Lemlit

c.       Laporan data jasa konsultasi, data pengabdian yang sudah dilaksanakan oleh LPM

d.      Laporan data penerimaan dan pengeluaran anggaran Universitas Bengkulu selama 5 tahun  terakhir oleh BAUK,

e.       Laporan data terakhir tanah dan bangunan oleh BAUK

f.       Laporan data kendaraan Universitas Bengkulu oleh BAUK

g.      Laporan data terakhir pegawai Universitas Bengkulu oleh BAUK

h.      Laporan data mahasiswa teregistrasi (Reguler dan Non Reguler) 4 semester terakhir oleh BAAKPendidikan dan Kerjasama: PPA, SPMB, regristrasi mahasiswa, dosen tugas belajar, wisudawan (masa studi, masa skripsi, IPK), data kerjasama.

i.        Laporan data pelayanan informasi oleh Baakrensi:

j.        Laporan data tamu Wisma dan penerimaan Wisma oleh Pengurus Wisma

k.      Laporan data penerimaan pasien dan donor darah di Poliklinik oleh Pengurus Poliklinik Universitas Bengkulu

l.        Laporan data peserta ujian 4 semester terakhir oleh Fakultas.

m.    Laporan data karyawan yang sedang menempuh pendidikan oleh Bagian Kepegawaian: data dosen (gol/pangkat, jabatan, pendidikan per jurusan, keahlian, mata kuliah yang dipegang), data karyawan (tenaga teknisi, tenaga pustakawan, arsiparis, gol/pangkat, jabatan, pendidikan),

n.      Laporan pengadaan bahan ajar oleh BAUK

o. Bagian Kemahasiswaan: penerima beasiswa 5 tahun terakhir, kegiatan mahasiswa (minat, bakat dan penalaran), jumlah UKM.

o.      Dan lain-lain

      Dengan adanya laporan tengah tahunan dan tahunan secara rutin, Universitas Bengkulu tidak perlu lagi setiap saat meminta data ke unit-unit serta data mengenai unit-unit di Universitas Bengkulu yang lebih valid dan akurat selalu tersedia.

II.  Garis Besar Usulan Pagu dan Pagu yang Disetujui

III. Kegiatan yang Direncanakan

      Bagian ini merupakan deskripsi terhadap perencanaan yang dituangkan pada kolom rencana.

IV. Hasil yang Dicapai

      Bagian ini merupakan deskripsi terhadap realisasi kegiatan sampai dengan saat penulisan laporan.

V.  Analisis

      Bagian ini merupakan pembahasan/analisis terhadap perbedaan perencanaan dan realisasi, dan hambatan-hambatan yang dihadapi serta pemecahannya.


VI. Kesimpulan

      Menyimpulkan capaian kegiatan  secara menyeluruh serta saran-saran.

VII.     Lampiran (LAKIP)


            Selain pembuatan laporan seperti  diatas, maka setiap unit perlu membuat laporan pelaksanaan  kegiatan dengan sistematika sebagai berikut.

A.     Pendahuluan
l  Diisi dengan latar belakang mengapa perlu dilaksanakan kegiatan-kegiatan di suatu unit. Pada bab pendahuluan ini juga perlu disampaikan informasi umum tentang unit tersebut yang meliputi pengembangan unit dan pengelolaan program. Di dalam pendahuluan ini juga disampaikan prestasi secara keseluruhan yang merupakan uraian kinerja pelaksanaan kegiatan secara keseluruhan.
B.     Tujuan   
l  Diisi dengan harapan dan sasaran yang ingin dicapai oleh unit di lingkungan Universitas Bengkulu. Uraian itu harus sesuai dengan yang tercantum dalam RPKA. Jika terdapat perubahan maka perubahan itu harus dicantumkan, dengan menuliskan yang lama dan yang baru, kemudian dijelaskan juga alasan dari perubahan tersebut.
C.     Strategi Pelaksanaan
l  Diisi dengan strategi. Uraian ringkas mengenai strategi yang dipih oleh setiap unit untuk mencapai tujuan yang diuraikan di atas. Uraian tersebut harus sesuai dengan yang tercantum dalam RPKA. Jika terdapat perubahan maka perubahan itu harus dicantumkan, dengan menuliskan yang lama dan yang baru, kemudian dijelaskan juga alasan dari perubahan tersebut.
l  Sampaikan pula indikator kinerja, baik indikator kinerja utama maupun indikator tambahan yang disusun dalam bentuk tabel, diisi dengan keadaan awal (baseline), target yang hendak dicapai. Berikan analisis pada pencapaian indikator.
l  Uraikan pelaksanaan mekanisme dan rancangan kegiatan.
D.     SDM yang terlibat
l  Diisi dengan sumber daya manusia yang terlibat termasuk Kepanitiaan, Peserta, Nara Sumber,d an lain-lain.
E.      Biaya
l  Diisi dengan sumber dana dan berapa besar dana yang dikeluarkan untuk kegiatan ini.
F.      Waktu dan Tempat Pelaksanaan
l  Diisi dengan jadual pelaksanaan kegiatan dan dimana kegiatan ini dilaksanakan.
G.     Hasil Yang Dicapai
l  Diisi dengan pencapaian sasaran kegiatan hasil yang dicapai dari kegiatan ini.
H.     P e n u t u p
l  Diisi dengan Kesimpulan dan Rekomendasi.

B. Tingkat Fakultas

Format Laporan terdiri dari:

1.      Pendahuluan

      Bagian ini menguraikan tentang:

§  Proses pembuatan laporan (waktu dan siapa yang terlibat)

§  Kondisi dan Statistik Fakultas

            1.   Sarana Prasarana

                  a.   Gedung Kantor

                        1)   Status dan Ukuran

                        2)   Penataan Ruang

                        3)   Kondisi Gedung

                  b.   Perabot/Peralatan Kerja

                        (khususnya peralatan penting seperti kendaraan, komputer, dan lain-lain)

            2.   Sumber Daya Manusia  5 tahun terakhir (dosen dan karyawan: pendidikan, gol/pangkat, jabatan, keahlian, mata kuliah yang diampu).

            3.   Data Mahasiswa  5 tahun terakhir (jumlah mahasiswa baru, jumlah mahasiswa terdaftar, jumlah lulusan, IPK lulusan, masa studi lulusan, masa skripsi, masa tunggu lulusan, penerima beasiswa, kegiatan mahasiswa, jumlah PKM dll.)

            4.   Data Bahan Ajar, SAP, RKBM, Pedoman Praktikum, Buku Ajar dll.

            5.   Data penelitian dan publikasi 5 tahun terakhir.
            6.   Data pengabdian pada masyarakat, konsultasi jasa dll 5 tahun terakhir
            7.   Data kerjasama 5 tahun terakhir.
            8.   Program studi/Jurusan/dll penerima block grant 3 tahun terakhir.
            9.   Luas ruang dosen 3 tahun terakhir.
           10.  Luas ruang administrasi 3 tahun terakhir.
           11.  Jumlah koleksi buku/majalah/jurnal di ruang baca.
           12. Luas ruang laboratorium 3 tahun terakhir.
           13.  Luas ruang baca 3 tahun terakhir.

2.      Rencana dan Realisasi Penerimaan

No.
Jenis Penerimaan
Rencana (Rp)
Realisasi (Rp)






3.   Kegiatan yang Direncanakan

      Bagian ini merupakan deskripsi terhadap perencanaan yang dituangkan pada kolom rencana pada LAKIP.

4.   Hasil yang Dicapai

      Bagian ini merupakan deskripsi terhadap realisasi kegiatan sampai dengan saat penulisan laporan yang telah dituangkan pada format lakip.

5.   Analisis

      Bagian ini merupakan pembahasan terhadap perbedaan rencana dan realisasi, dan hambatan-hambatan yang dihadapi serta pemecahannya.

6.   Kesimpulan

      Menyimpulkan capaian kegiatan secara menyeluruh dan saran-saran

7.   Lampiran (LAKIP).


Selain pembuatan laporan seperti  diatas, maka fakultas  perlu membuat laporan pelaksanaan  kegiatan dengan sistematika sebagai berikut.
A.     Pendahuluan
l  Diisi dengan latar belakang mengapa perlu dilaksanakan kegiatan-kegiatan di suatu unit. Pada bab pendahuluan ini juga perlu disampaikan informasi umum tentang unit tersebut yang meliputi pengembangan unit dan pengelolaan program. Di dalam pendahuluan ini juga disampaikan prestasi secara keseluruhan yang merupakan uraian kinerja pelaksanaan kegiatan secara keseluruhan.
B.     Tujuan   
l  Diisi dengan harapan dan sasaran yang ingin dicapai oleh unit di lingkungan Universitas Bengkulu. Uraian itu harus sesuai dengan yang tercantum dalam RPKA. Jika terdapat perubahan maka perubahan itu harus dicantumkan, dengan menuliskan yang lama dan yang baru, kemudian dijelaskan juga alasan dari perubahan tersebut.
C.     Strategi Pelaksanaan
l  Diisi dengan strategi. Uraian ringkas mengenai strategi yang dipih oleh setiap unit untuk mencapai tujuan yang diuraikan di atas. Uraian tersebut harus sesuai dengan yang tercantum dalam RPKA. Jika terdapat perubahan maka perubahan itu harus dicantumkan, dengan menuliskan yang lama dan yang baru, kemudian dijelaskan juga alasan dari perubahan tersebut.
l  Sampaikan pula indikator kinerja, baik indikator kinerja utama maupun indikator tambahan yang disusun dalam bentuk tabel, diisi dengan keadaan awal (baseline), target yang hendak dicapai. Berikan analisis pada pencapaian indikator.
l  Uraikan pelaksanaan mekanisme dan rancangan kegiatan.
D.     SDM yang terlibat
l  Diisi dengan sumber daya manusia yang terlibat termasuk Kepanitiaan, Peserta, Nara Sumber,d an lain-lain.
E.      Biaya
l  Diisi dengan sumber dana dan berapa besar dana yang dikeluarkan untuk kegiatan ini.
F.      Waktu dan Tempat Pelaksanaan
l  Diisi dengan jadual pelaksanaan kegiatan dan dimana kegiatan ini dilaksanakan.
G.     Hasil Yang Dicapai
l  Diisi dengan pencapaian sasaran kegiatan hasil yang dicapai dari kegiatan ini. Uraikan hasil-hasil kegiatan yang dilaksanakan dengan dukungan fasilitas peralatan dan sumberdaya lainnya yang diperoleh dari dana DIPA.
l  Sampaikan capaian iundikator kinerja sampai dengan saat laporan dibuat. Lakukan analisis terhadap faktor-faktor yang mendukung pencapaian indikator atau kegagalan pencapaian indikator kinerja.
l  Uraikan dampak langsung dan tidak langsung dari kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan.
l  Sajikan mekanisme dan prosedur yang diharapkan dapat memperlancar pelaksanaan kegiatan tersebut, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelaksanaan komponen kegiatan terkait pada tahun berikutnya.
H.     P e n u t u p
l  Diisi dengan Kesimpulan dan Rekomendasi.
I. Font dan spasi
         Laporan pelaksanaan program, kegiatan dan anggaran di setiap unit kerja ditulis dengan spasi tunggal menggunakan jenis huruf (font) Arial ukuran 11. Khusus untuk tabel, ukuran font bisa diperkecil jika dirasa diperlukan untuk menghemat halaman.


Lampiran 1. Contoh format laporan kegiatan bulanan
Nama Unit Kerja         :
Judul Program             :
Laporan Bulan                        :
No.
Uraian Kegiatan
Baseline
Realisasi Kegiatan
Hambatan
Pemecahan



Capaian
%


1.
Kegiatan A:
Sub kegiatan 1
Sub kegiatan n





2.
Kegiatan B:
Sub kegiatan 1
Sub kegiatan 2





3.
Kegiatan C:
Sub kegiatan 1
Sub kegiatan n





4.















Ketua Unit Kerja                                                                                                 Penanggungjawab Program



(……………………..)                                                                                         (………………………………)


Lampiran 2. Laporan Kemajuan Fisik


Nama unit kerja                  :
Jumlah biaya                       :
Judul Program                      :
Keadaan bulan                    :

No
Kegiatan/Sub
Bobot (%)
Realisasi Keuangan
Fisik (%)

Kegiatan
Keseluruhan
s.d. saat ini
Rupiah
%

1
2
3
4
5
6
7= 4x6




























Prestasi fisik s/d saat ini sebesar....................................................................


                                                                                                                ........................., .......................... 200..
Ketua Unit Kerja                                                                                 Penanggungjawab Program





(..................................)                                                                           (.....................................)

Lampiran 3. Contoh format kemajuan fisik pelaksanaan program
NO
KOMPONEN BIAYA
Satuan
Keadaan 15 Juni
Keadaan 31 Desember



SASARAN
PRESTASI
SASARAN
PRESTASI



Jumlah
Rp
Jumlah
%
Rp
%
Jumlah
Rp
Jumlah
%
Rp
%
1
2
3
4
5
6
7=6/4
8
9=8/5
10
11
12
13=12/10
14
15=14/11
1.














2.














3.














4.














5.














6.














7.














8.














n.















Lampiran 4. Contoh format laporan keuangan bulanan
Nama Unit Kerja         :
Judul Program             :
Laporan Bulan                        :
No.
Uraian Kegiatan
Alokasi Dana
Realisasi Keuangan
Fisik (%)
Sisa Dana



Rupiah
%


1.
Kegiatan A:
Sub kegiatan 1
Sub kegiatan n





2.
Kegiatan B:
Sub kegiatan 1
Sub kegiatan 2





3.
Kegiatan C:
Sub kegiatan 1
Sub kegiatan n





4.















Ketua Unit Kerja                                                                                                 Penanggungjawab Program



(……………………..)                                                                                         (………………………………)
Lampiran 5. Dasar Perhitungan Prestasi Fisik
No.
Kegiatan
Sub Kegiatan
Bobot (%)
Jumlah (%)
1.
Technical Assistance (Bantuan Tenaga Ahli)
-          Pembuatan TOR
-          Penunjukkan Tenaga Ahli
-          Negosiasi
-          Penyusunan Program Kerja
-          Workshop/Seminar/Pelatihan
-          Serah Terima Laporan Akhir

20
5
5
10
30
30







100
2.
Lokakarya
-          Penyusunan TOR
-          Penyusunan Panitia
-          Pelaksanaan Lokakarya
-          Laporan

20
10
60
10





100
3.
Pendidikan Tidak Bergelar
-          Persetujuan dari Penyelenggara
-          Implementasi
-          laporan

30
50
20




100
4.
Pengadaan Alat & Bahan
-          Pembentukan Panitia Pengadaan
-          Pembuatan Bidding Document/Administrasi dan Spesifikasi Teknis
-          Pengumuman Pengadaan
-          Pendaftaran Rekanan
-          Penjelasan Pekerjaan
-          Penetapan Kriteria Evaluasi
-          Pemasukkan Penawaran
-          Evaluasi Penawaran
-          Penetapan Pemenang
-          Pengumuman Pemenang
-          Surat Perintah Kerja (SPK)
-          Kontrak

-          Pengapalan (Bill of Loading)
-          Barang Tiba di Pelabuhan Tujuan (Port of Entry)
-          Installation  and Training
-          Serah Terima Pertama
-          Serah Terima Kedua (Setelah Masa Pemeliharaan)


2
3

2
3
3
2
5
5
2
2
3
3

20
10
20
10
5














35





100
5.
Hibah Penelitian
-          Pembuatan Guidelines
-          Evaluasi/Seleksi
-          Pengesahan Penerima Grant
-          Penandatanganan Kesepakatan
-          Pelaksanaan
-          Laporan

5
10
5
20
40
20







100
6.
Hibah Pengajaran
-          Pembuatan Guidelines
-          Evaluasi/Seleksi
-          Pengesahan Penerima Grant
-          Penandatanganan Kesepakatan
-          Pelaksanaan
-          Laporan

5
10
5
20
40
20







100



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar