Label

Kamis, 05 April 2012

CONTOH PROGRAM KERJA REMAJA MESJID “SYIARUL ISLAM”, KAB. KUNINGAN PERIODE TAHUN 2010 – 2011




PROGRAM KERJA REMAJA MESJID “SYIARUL ISLAM”, KAB. KUNINGAN
PERIODE TAHUN 2010 – 2011
 


"Sesungguhnya  Allah  menyuruh  kamu   menyampaikan amanat   kepada   yang  berhak   menerimanya,   dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di  antara manusia  
supaya  kamu  menetapkan   dengan   adil.
Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang  sebaik-baiknya kepadamu.
Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat".

(QS 4:58, An Nisaa')

I.   PENDAHULUAN


Remaja Mesjid “Syiarul Islam" adalah organisasi remaja muslim yang memiliki keterikatan dengan Mesjid, karena itu perlu menghadirkan Program Kerja yang berorientasi pada  kegiatan-kegiatan keremajaan dan ke-Mesjidan.  Program-program yang disusun diharapkan  dapat menyahuti kebutuhan anggota dalam menda'wahkan Islam, menambah kemakmuran  Mesjid serta bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu, diharapkan mampu meningkatkan  keimanan,  keilmuan  dan  ketrampilan   remaja muslim  di  lingkungan  Mesjid  “Syiarul Islam” guna mencapai tujuan organisasi yaitu: "Terbinanya umat Islam yang  beriman, berilmu  dan  beramal shalih dalam  rangka  mengabdi  kepada Allah untuk mencapai keridlaan-Nya".


II.  PROGRAM KERJA


Adapun  Program Kerja Remaja Mesjid  “Syiarul Islam” Periode Tahun 2010 - 2011  adalah sebagai berikut:

A.  Bidang Pembinaan Anggota.
1.      Menyelenggarakan pengajian remaja.
2.      Menyelenggarakan bimbingan membaca Al Quraan.
1.      Menyelenggarakan pelatihan-pelatihan Remaja Mesjid.

B.  Bidang Informasi dan Perpustakaan.
1.      Menerbitkan informasi da'wah.
2.      Membentuk forum komunikasi antar Remaja Mesjid.
3.      Menyelenggarakan kajian buku.
4.      Melakukan inventarisasi, pengelolaan dan penambahan buku-buku perpustakaan Mesjid “Syiarul Islam”.

C.  Bidang Kesejahteraan Umat.
1.      Membantu  Ta’mir Mesjid dalam kegiatan peribadatan.
2.      Mengadakan acara kunjungan ke Pesantren.
3.      Mengadakan kegiatan bakti sosial.
4.      Mengadakan jasa bantuan kemasyarakatan.

D.  Bidang Kewanitaan.
1.      Mengadakan  kegiatan ketrampilan keputrian.
2.      Menyelenggarakan pengajian khusus putri.

E.  Administrasi dan Kesekretariatan.
1.      Menertibkan pengelolaan surat menyurat organisasi.
2.      Melakukan regristrasi anggota.
3.      Menyusun pedoman-pedoman organisasi yang belum dimiliki.
4.      Melakukan inventarisasi, perawatan dan penambahan inventaris organisasi.

F.  Kebendaharaan.
1.      Meningkatkan pemasukan dana dari donatur.
2.      Menertibkan pengelolaan keuangan organisasi.



III. STRUKTUR ORGANISASI, BAGAN ORGANISASI DAN JOB DESCRIPTION


Untuk meningkatkan efektifitas kerja  Pengurus Remaja Mesjid  “Syiarul Islam” perlu disusun   Struktur Organisasi dan Bagan Organisasi sesuai dengan pembidangan kerja yang telah di tetapkan. Demikian pula, guna memberi panduan kerja masing-masing personil Pengurus perlu dibuat job description dengan jelas. Adapun  Struktur Organisasi dan Bagan Organisasi maupun job description tersebut adalah sebagai berikut:

A.  Struktur Organisasi.


1. KU             : Ketua Umum
2. KPA          : Ketua Bidang Pembinaan Anggota
3. KIP            : Ketua Bidang Informasi dan Perpustakaan
4. KKU          : Ketua Bidang Kesejahteraan Umat
5. KK             : Ketua Bidang Kewanitaan
6. SU             : Sekretaris Umum
7. B                : Bendahara
8. SPA           : Sekretaris Bidang Pembinaan Anggota
9. SIP             : Sekretaris Bidang Informasi dan Perpustakaan       
10. SKU          : Sekretaris Bidang Kesejahteraan Umat
11. SK             : Sekretaris Bidang Kewanitaan
12. WB            : Wakil Bendahara
13. DPA          : Departemen Bidang Anggota
14. DIP           : Departemen Bidang Informasi dan Perpustakaan
15. DKU        : Departemen Bidang Kesejahteraan Umat
16. DK            : Departemen Bidang Kewanitaan


B.  Bagan Organisasi.

 
Keterangan :
                        : Garis instruksi.
                        : Garis koordinasi.

Gambar :  Bagan Organisasi Remaja Mesjid “Syiarul Islam”
Periode 2010 - 2011

C.  Job Description.


  1. Ketua Amum  (KU).

Pengemban   amanah   organisasi  yang  dipilih   pada   waktu Musyawarah Anggota yang bertanggung jawab atas  terlaksananya seluruh amanah organisasi yang dibebankan dalam Program  Kerja maupun  peraturan  organisasi. Melaksanakan  kegiatan-kegiatan organisasi antara lain:
a.    Memimpin kegiatan rutin organisasi secara umum.
b.   Menyelenggarakan dan memimpin Rapat Kerja setahun sekali dan Rapat Umum tiga bulan sekali.
c.    Memimpin dan mewakili organisasi dalam kegiatan eksternal.
d.   Mengkoordinir, memotivisir dan  membimbing   seluruh  kegiatan  bidang dan departemen dalam melaksanakan amanah organisasi.
e.    Mempertanggungjawabkan kepengurusan organisasi dalam Musyawarah Anggota.
f.    Dan lain-lain sesuai dengan wewenang dan tanggungjawabnya.

  1. Ketua Bidang Pembinaan Anggota (KPA).

Pembantu  langsung  KU yang bertanggung  jawab  dalam pelaksanaan Program Kerja Bidang Pembinaan Anggota. Melaksanakan kegiatan-kegiatan organisasi antara lain:
a.       Memimpin  dan mewakili kegiatan rutin  Bidang  Pembinaan Anggota.
b.      Mewakili  KU apabila berhalangan berdasarkan  asas pendelegasian.
c.       Memotivisir anggota organisasi dalam memakmurkan Mesjid.
d.      Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang meningkatkankeimanan, keilmuan dan ketrampilan anggota.
e.       Memberikan  laporan  tentang  kegiatan  Bidang   Pembinaan Anggota kepada KU.
f.       Menyelenggarakan  dan memimpin rapat Bidang Pembinaan  Anggota  minimal satu bulan sekali.
g.      Dan lain-lain sesuai dengan wewenang dan tanggungjawabnya.

  1. Ketua Bidang Informasi dan Perpustakaan (KIP).

Pembantu  langsung  KU yang bertanggung  jawab  dalam pelaksanaan  Program Kerja Bidang Informasi dan  Perpustakaan. Melaksanakan kegiatan-kegiatan organisasi antara lain :
a.       Memimpin dan mewakili kegiatan rutin Bidang  Informasi dan Perpustakaan.
b.      Mewakili KU apabila berhalangan berdasarkan atas asas pendelegasian.
c.       Membuat dan mengisi majalah dinding.
d.      Memberikan informasi tentang kegiatan organisasi kepada masyarkat luas.
e.       Mendokumentasikan kegiatan-kegiatan organisasi.
f.       Mengelola  perpustakaan Mesjid serta menambah buku-buku koleksinya.
g.      Memberikan laporan tentang kegiatan Bidang Informasi dan Perpustakaan kepada KU.
h.      Menyelenggarakan dan memimpin rapat Bidang Informasi dan  Perpustakaan minimal satu bulan sekali.
i.        Dan lain-lain sesuai dengan wewenang dan tanggungjawabnya.

  1. Ketua Bidang Kesejahteraan Umat (KKU).

Pembantu  langsung  KU yang bertanggung  jawab  dalam pelaksanaan    Program   Kerja   Bidan Kesejahteraan   Umat. Melaksanakan kegiatan-kegiatan organisasi antara lain :
a.       Memimpin dan mewakili kegiatan rutin Bidang Kesejahteraan Umat.
b.      Membantu Ta'mir Mesjid dalam melaksanakan kegiatan hari besar Islam.
c.       Menyelenggarakan kegiatan sosial atau kemasyarakatan.
d.      Mewakili  KU apabila  berhalangan berdasarkan atas asas pendelegasian.
e.       Memberikan  laporan tentang kegiatan Kidang  Kesejahteraan Umat kepada KU.
f.       Menyelenggarakan  dan memimpin rapat Bidang kesejahteraan umat  minimal satu bulan sekali.
g.      Dan lain-lain sesuai dengan wewenang dan tanggungjawabnya.

  1. Ketua Bidang Kewanitaan (KK)
Pembantu  langsung  KU yang bertanggung  jawab  dalam pelaksanaan   Program  Kerja  kewanitaan. Melaksanakan kegiatan-kegiatan organisasi antara lain:
a.       Memimpin dan mewakili kegiatan rutin Bidang  Kewanitaan.
b.      Mewakili  KU apabila    berhalangan   berdasarkan  atas asas pendelegasian.
c.       Menyelenggarakan   kegiatan-kegiatan   yang   meningkatkan    keimanan, keilmuan dan ketrampilan khusus anggota wanita.
d.      Memotivisir  anggota wanita organisasi  dalam  memakmurkan Mesjid.
e.       Memberikan  laporan  tentang  kegiatan  Bidang  Kewanitaan kepada KU.
f.       Menyelenggarakan dan memimpin rapat Bidang Kewanitaan minimal satu bulan sekali.
g.      Dan lain-lain sesuai dengan wewenang dan tanggungjawabnya.

  1. Sekretaris Umum (SU)
Pembantu  langsung  ketua umum yang bertanggung  jawab  dalam pelaksanaan  Program  Kerja Administrasi dan Kesekretariatan. Melaksanakan kegiatan-kegiatan organisasi antara lain:
a.       Mengatur  dan mengelola surat menyurat  organisasi  secara umum.
b.      Membuat  draft surat keluar  untuk  ditandangani KU.
c.       Mengkoordinasikan  seluruh  sekretaris  bidang  dalam  hal surat menyurat, agenda surat dan kesekretariatan.
d.      Menjaga   kebersihan,   kerapian  dan   keindahan   kantor sekretariat organisasi.
e.       Memberikan  laporan kesekretariatan  kepada  KU.
f.       Menjadi sekretaris/notulis dalam rapat umum organisasi.
g.      Melakukan   inventarisasi,  perawatan,  pengelolaan  dan penambahan perlengkapan dan inventaris organisasi.

  1. Bendahara (B). 
Pembantu langsung KU yang bertanggung jawab dalam pelaksanaaan Program Kerja pengelolaan keuangan. Melaksanakan kegiatan-kegiatan organisasi antara lain :
a.       Mengelola keuangan organisasi.
b.      Menarik uang pangkal dan uang iuran anggota.
c.       Memberikan laporan keuangan kepada  KU.

  1. Sekretaris Bidang Pembinaan Anggota (SPA).
Pembantu  KPA  dalam  pelaksanaan  Program  Kerja   Bidang Pembinaan Anggota  yang   berkaitan dengan administrasi dan kesekretariatan. Melaksanakan kegiatan-kegiatan  organisasi antara lain :
a.       Mengatur  dan  mengelola surat menyurat  Bidang  Pembinaan Anggota.
b.      Membuat  draft  surat keluar  sebelum  ditanda-tangani oleh KPA.
c.       Membantu   SU  dalam  menjaga  kebersihan,  kerapian   dan keindahan kantor sekretariat.
d.      Memberikan  laporan administrasi dan kesekretariatan Bidang Pembinaan  Anggota kepada KPA.
e.       Menjadi  sekretaris / notulis dalam rapat  Bidang  Pembinaan Anggota.

9.   Sekretaris Bidang Informasi dan Perpustakaan (SIP).

Pembantu  KIP  dalam  pelaksanaan  program  kerja   Bidang Informasi dan Perpustakaan yang   berkaitan dengan administrasi dan kesekretariatan. Melaksanakan kegiatan-kegiatan  organisasi antara lain :
a.       Mengatur  dan  mengelola surat menyurat  Bidang  Informasi dan Perpustakaan.
b.      Membuat  draft  surat keluar  sebelum  ditanda-tangani oleh KIP.
c.       Membantu   SU  dalam  menjaga  kebersihan,  kerapian   dan keindahan kantor sekretariat.
d.      Memberikan  laporan administrasi dan kesekretariatan Bidang Informasi dan Perpustakaan kepada KIP.
e.       Menjadi  sekretaris / notulis dalam rapat  Bidang  Informasi dan Perpustakaan.

10. Sekretaris Bidang Kesejahteraan Umat (SKU).

Pembantu  KKU  dalam  pelaksanaan  Program  Kerja   Bidang Kesejahteraan Umat yang   berkaitan dengan administrasi dan kesekretariatan. Melaksanakan kegiatan-kegiatan  organisasi antara lain :
a.       Mengatur  dan  mengelola surat menyurat  Bidang  Kesejahteraan Umat.
b.      Membuat  draft  surat keluar  sebelum  ditanda-tangani oleh KKU.
c.       Membantu   SU  dalam  menjaga  kebersihan,  kerapian   dan keindahan kantor sekretariat.
d.      Memberikan  laporan administrasi dan kesekretariatan Bidang Kesejahteraan Umat kepada KKU.
e.       Menjadi  sekretaris / notulis dalam rapat  Bidang  Kesejahteraan Umat.

11. Sekretaris Bidang Kewanitaan (SK).

Pembantu  KK  dalam  pelaksanaan  Program  Kerja   Bidang Kewanitaan yang   berkaitan dengan administrasi dan kesekretariatan. Melaksanakan kegiatan-kegiatan  organisasi antara lain :
a.       Mengatur  dan  mengelola surat menyurat  Bidang  Kewanitaan.
b.      Membuat  draft  surat keluar  sebelum  ditanda-tangani oleh KK.
c.       Membantu   SU  dalam  menjaga  kebersihan,  kerapian   dan keindahan kantor sekretariat.
d.      Memberikan  laporan administrasi dan kesekretariatan Bidang Kewanitaan kepada KK.
e.       Menjadi  sekretaris / notulis dalam rapat  Bidang  Kewanitaan.

12. Wakil Bendahara (WB).

Pembantu Bendahara  dalam  pelaksanaan  Program  Kerja pengelolaan keuangan. Melaksanakan kegiatan-kegiatan organisasi antara lain:
a.  Membantu  bendahara  dalam  melaksanakan  tugasnya dalam kegiatan-kegiatan  organisasi sebagaimana  tersebut  dalam point 7.
b.  Menggantikan bendahara berdasarkan atas asas pendelegasian.

13. Departemen Bidang Pembinaan Anggota (DPA).

Pembantu  KPA  dalam  pelaksanaan  Program  Kerja   Bidang Pembinaan Anggota. Melaksanakan kegiatan-kegiatan organisasi antara lain:
a.  Membantu   KPA   dalam   melaksanakan    kegiatan-kegiatan organisasi sebagaimana tersebut dalam point 2.
b.   Mewakili KPA berdasarkan atas asas pendelegasian.

14. Departemen Bidang Informasi dan Perpustakaan (DIP).

Pembantu KIP dalam pelaksanaan Program Kerja Bidang Informasi dan Perpustakaan. Melaksanakan kegiatan-kegiatan  organisasi antara lain :
a.   Membantu  KIP dalam  melaksanakan    kegiatan-kegiatan  organisasi sebagaimana tersebut dalam point 3.
b.   Mewakili KIP berdasarkan atas asas pendelegasian.

15. Departemen Bidang Kesejahteraan Umum (DKU).

Pembantu  KKU dalam pelaksanaan Program  Kerja  Bidang Kesejahteraan Umat. Melaksanakan kegiatan-kegiatan  organisasi  antara lain :
a.   Membantu   KKU dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan organisasi sebagaimana tersebut dalam point 4.
b.   Mewakili kku berdasarkan atas asas pendelegasian.

16. Departemen Bidang Kewanitaan (DK).
Pembantu kan dalam pelaksanaan Program Kerja Bidang Kewanitaan. Melaksanakan kegiatan-kegiatan organisasi antara lain :
a.   Membantu   KK  dalam   melaksanakan   kegiatan-kegiatan organisasi sebagaimana tersebut dalam point 5.
b.   Mewakili KK berdasarkan atas asas pendelegasian.

III PROGRAM KEGIATAN

PROGRAM KEGIATAN REMAJA MESJID “SYIARUL ISLAM”, KAB. KUNINGAN

Bulan
Jenis Kegiatan
Keterangan













IV. PENUTUP


Program Kerja Remaja Mesjid “Syiarul Islam” pada dasarnya merupakan amanah organisasi yang harus  dilaksanakan oleh  Pengurus sesuai dengan kemampuan dan sumber daya  yang ada. Dan anggota harus turut partisipasi guna menyukseskannya.  Karena  itu,  dinamika kegiatan Remaja Mesjid “Al Kaustar” sangat dipengaruhi oleh Pengurus dan anggota dalam  menjabarkan dan  merealisasikannya.
Dengan usaha  yang  terencana  teratur, terus   menerus  dan  penuh  kebijaksanaan,   serta   dengan mengharap  pertolongan-Nya,  insya  Allah,  apa  yang  telah diprogramkan dapat terlaksana dengan baik.

































4 komentar:

  1. terimakasih banyak,,sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Partisipasi dan amal jariyah dalam perluasan dan pembangunan masjidil
    haram dan masjid Nabawi

    1. Niat Ibadah ( dari Allah,Karena Allah dan untuk Allah)
    2. Membawa beberapa batu kerikil kecil yang Haq dari tanah air
    3. Point no 2 dapat dibawa sendiri/ dititipkan kepada Jamaah yang akan
    berangkat Umroh dan Haji
    4. Batu kerikil diletakkan diarea yg sedang dibangun/di Cor semen
    5. Atau dititipkan kepada pekerja pembangunan agar diletakkan ditempat
    tersebut
    6. Mudah-mudahan Allah Ridho dengan apa yang kita kerjakan

    * Umumnya waqaf qur'an
    * Tidak ada kotak amal di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi
    * Mungkin Batu kerikil tidak berarti untuk sebagian orang,akan tetapi
    jika diletakkan di kedua Masjid tersebut,paling tidak batu kerikil ini
    akan menjadi bagian terkecil dari bangunan tersebut.
    * Moment Perluasan dan Pembangunan Masjidil haram dan Masjid Nabawi

    BalasHapus