Label

Rabu, 04 April 2012

BENTUK –BENTUK KOMUNIKASI


  1. BENTUK –BENTUK KOMUNIKASI

A. Komunikasi intrapesonal
      Komunikasi intrapersonal merupakan komunikasi dengan diri sendiri dengan tujuan untuk berfikir,melakukan penalaran,menganalisis dan merenung. (Devito 1997:57)
Demikian menurut Effendy (1993:57) tentang pengertian komunikasi  intrapersonal atau komunikasi antar pribadi merupakan komunikasi yang berlangsung  dalam diri seseorang.orang itu berperan baik sebagai komunikator maupun sebagai komunikan .
Sedangkan menurut Rahmat (1991:49),komunikasi intrapersonal adalah suatu proses pengolahan informasi,meliputi sensasi,persepsi,memori,dan berfikir.
B.Komunikasi Antarpersonal
      Komunikasi antarpersonal  adalah proses pengiriman dan penerimaan pesan-pesan antara dua orang atau diantara sekelompok kecil orang-orang dengan beberapa efek dan beberapa umpan balik seketika.(joseph A.Devito,1989:4) Dikutip oleh prof.Onong Uchjana Effendi (1993:59-60)
     C.Komunikasi kelompok
            1.komunikasi dalam kelompok besar
            Komunikasi dalam kelompok besar (large group,massa atau macro group)
Tidaklah slalu sama dengan komunikasi  dalam kelompok kecil meskipun setiap kelompok besar pasti terdiri atas beberapa kelompok kecil.hal ini antara lain dikarenakan beberapa hal sbb;
·         Komunikasi dalam kelompok besar jumlahnya yang besar (ratusan atau ribuan orang) di mana dalam suatu situasi komunikasi yang sedang berlangsung hampir tidak terdapat kesempatan untuk memberikan tanggapan secara verbal dan personal karna sedikit sekali kemungkinannya bagi komunikator untuk bertannya jawab.
·         Situasi dialogis hampir tidak ada
·         Sebaiknya pembicara senantiasa perlu lebih fokus dalam arah pembicaraannya sehingga pendengar akan dapat mudah mencerna pesan pembicara.
(joseph A.Devito (1997:305)

2.komunikasi kelompok kecil.
            Komunikasi kelompok kecil adalah sekumpulan perorangan yang relative kecil yang masing-masing dihubungkan oleh beberapa tujuan yang sama dan mempunyai derajat organisasi tertentu diantara mereka. Dikutip oleh Uchjana Effendi, Onong, Ilmu Komunikasi. (LiitleJhon, 1999:284)
Contoh : komunikasi antar manager dengan sekumpulan karyawan

D. Komunikasi massa
            Komunikasi massa adalah produksi dan distribusi secara institusional dan teknologis dari sebagian besar aliran pesan yang dimiliki bersama secara berkelanjutan dalam masyarakat-masyarakat industrial (Heru puji Winarso,2005:20)

E. Komunikasi medio

2. METODE KOMUNIKASI
A.Jurnalistik
            jurnalistik adalah segala bentuk pembuatan brita dimana pun dan melalui apapun melalui peristiwa yang sampai pada khalayak.(Dikutip :f.fraser bond)
            Jurnalistik adalah teknik mengelolah berita mulai dari mendapatkan bahan sampai kepada proses menyebarluaskannya kepada khalayak.pada mulanya jurnalistik hanya mengelola hal-hal yang sifatnya informatif saja (Dikutip: onong U.Effendi).
B.Hubungan masyarakat (public relations)
            public relations adalah suatu seni untuk menciptakan pengertian public yang lebih baik,yang dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap seseorang atau organisasi tertentu.(Dikutip:Howard Bonham).
Public relations adalah merupakan keseluruhan suatu bentuk komunis yang terencana baik itu diluar maupun ke dalam organisasi,yakni antara suatu organisasi dengan publiknya dalam rangka mencapaitujuan spesifik atas dasar adanya sikap saling pengertian (Dikutip:Frank jefkins)
C.Periklanan (Advertaising)
periklanan adalah keseluruhan proses yang meliputi :
penyiapan,perencanaan,pelaksanaan,dan pengawasan penyampaian
iklan.(Renald,19951)
periklanana adalah segala bentuk pesan tentang suatu produk yang disampaikan lewat media,ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat.(Renald,19951)
D.Pameran
E.Publisitas (publicity)
            Publisitas adalah sejumlah informasi tentang sasaran,barang,atau organisasi yang disebarluaskan ke masyarakat melalui media tanpa dipungut biaya atau tanpa pengawas dari sponsor.’(Swastha 1999)
F.Propaganda
            Propaganda adalah usaha dengan sengaja dan sistematis,untuk membentuk persepsi,memanipulasi pikiran,dan mengarahkan kelakuan untuk mendapatkan reaksi yang di inginkan penyebar propaganda.(Garth S.jowett and victoria O’Donnel, propaganda and persuasion)
G.Perang urat syaraf
            Menurut william E.Daugherty dan morris janowitz dalam bukunya,A Psychological warface casebook,menyatakan bahwa perang urat syaraf dapat didefinisikan sebagai berikut: (penggunakan propaganda terhadap musuh beserta tindakan-tindakan operasional lainnya yang bersifat militer,ekonomis sebagaimana di syaratkan untuk melengkapi propaganda.

3.TEKNIK KOMUNIKASI
A.Komunikasi informatif
Komunikasi informatif adalah komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan informasi
B.Komunikasi persuasif
            adalah bentuk komunikasi yang mempunyai tujuan khusus dan terarah untuk mengubah perilaku komunikan sebagai sasaran komunikasi (Dikutip: Soleh soemirat)
C.Komunikasi koersif
            adalah komunikasi yang berupa perintah,ancaman,sanksi,dan lain-lainnyayang bersifat paksaan,sehingga orang-orang yang di jadikan sasaran (komunikan) melakukannya secara terpaksa.


D.Hubungan manusiawi (Human relations)
            Interaksi antara seseorang dengan orang lain dalam segala situasi dan dalam semua bidang kehidupan.

4.Tujuan Komunikasi (Menurut onong Uchjana Effendy)
A.Perubahan sikap (attitude change)
            Adalah kegiatan memberikan berbagai informasi pada masyarakat dengan tujuan akhirnya supaya masyarakat akan berubah sikapnya.
B.Perubahan pendapat (Opinion change)
            Adalah informasi pada masyarakat dengan tujuan akhirnya supaya masyarakat dengan tujuan akhirnya supaya masyarakat mau berubah pendapat dan persepsinya terhadap tujuan informasi itu disampaikan.
C.Perubahan perilaku (behavior change)
            Adalah kegiatan memberikan berbagai informasi pada masyarakat dengan tujuan supaya masyarakat akan berubah perilakunya.
D.Perubahan sosial (social change)
            Adalah perubahan sosial dan partisipasi sosial,memberikan berbagai informasipada masyarakat tujuan akhirnya supaya masyarakat mau mendukung dan ikut serta terhadap tujuan informasi itu di sampaikan. (Effendy,2005,55)

5.Fungsi komunikasi (menurut Onong Uchjana Effendy)
A.Menyampaikan informasi (to inform)
            Memberikan informasi kepada masyarakat,karna perilaku menerima merupakan perilaku alamiah masyarakat.dengan menerima informasi yang benar masyarakat akan aman dan tentram.informasi disampaikan pada masyarakat melalui tatanan komunikasi,tetapi lebih banyak melalui kegiatan masyarakat communication.
B.Mendidik (to education)
            Adalah mendidik masyarakat kegiatan komunikasi pada masyarakat menjadi lebih baik,lebih baik,lebih maju,lebih maju,lebih berkembang kebudayaannya.


C.Menghibur (To entertain)
            Adalah menghibur masyarakat,perilaku masyarakat menerima informasi selain untuk memenuhi rasa aman juga menjadi sarana hiburan masyarakat.apabila pada masa sekarang ini,banyak pengajian informasi melalui sarana hiburan.
D.Mempengaruhi (To influence)
            Adalah mempengaruhi masyarakat kegiatan memberikan berbagai informasi pada masyarakat juga dapat dijadikan sarana untuk mempengaruhi masyarakat tersebut kearah perubahan sikap dan perilaku yang diharapkan.

6. Hambatan Komunikasi
A. Hambatan Sosiologis
             adalah suatu ilmu yang mempelajari fakta-fakta sosial, yakni fakta yang mengandung cara bertindak, berfikir, berperasaan yang berada diluar individu dimana fakta-fakta tersebut memilii kekuatan untuk mengendalikan individu (Dikutip : Emile Durkheim ).
B. Hambatan Antropologis
            adalah ilmu yang mempelajari umat manusia pada umumnya dengan mempelajari aneka warna, bentuk fisik masyarakat serta kebudayaan yang dihasilkan (Dikutip : Koentjaraningrat)
C. Hambatan Psikologis
             adalah perbedaan nilai-nilai serta harapan yang berbeda antara pengirim dan penerima pesan
D. Hambatan Semantik
            adalah kata-kata yang dipergunakan dalam komunikasi kadang kadang mempunyai arti mendua yang berbeda, tidak jelas atau berbelit-belit antara pemberi pesan dan penerima
E. Hambatan Mekanisme
Hambatan mekasanis adalah ganngguan yang disebabkan saluran komunikasi atau kegaduhan yang bersifat fisik
( Efendi : 1993 : 45 – 47 )
F. Hambatan Ekologis
             adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungannya dan yang lainnya. Berasal dari kata Yunani oikos (“habitat”) dan logos (“ilmu”).Ekologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik informasi

8. Bidang Komunikasi Periode Awal
A. Komunikasi sosial
            adalah kegiatan kounikasi yang diarahkan pada pencapaian suatu situasi integrasi sosial. Komunikasi sosial juga merupakan suatu proses pengaruh mempengaruhi mencapai keterkaitan sosial yang dicita citakan antar individu yang ada di masyarakat.
B. Komunikasi Organisasi
            Sebagai penunjuk dan penafsiran suatu pesan di antara unit-unit kounikasi yang merupakan bagian dari suatu organisasi tertentu (Dikutip : Pace & Feules )
C. Komunikasi politik
            adalah salah satu fungsi yang selalu ada dalam setiap sistem politik. " All of the functions performed in the political system, political sosialization and recruitment, interest articulation, interest aggregation, rule making, rule application, and rule adjudication, are performed by means of communication. " Komunikasi politik merupakan proses penyampaian pesan-pesan yang terjadi pada saat keenam fungsi lainnya itu dijalankan> Hal ini berarti bahwa fungsi komunikasi politik terdapat secara interen di dalam setiap fungsi sistem politik ( Dikutip : Gabriel Almond, 1960).
D. Komunikasi Antar Budaya
            Menurut Liliweri bahwa proses komunikasi antar budaya merupakan interaksi antarpribadi dan komunikasi antarpribadi yang dilakukan oleh beberapa orang yang memiliki latar belakang kebudayaan yang berbeda (2003,p. 13)


E. Komunikasi Pembangunan
            adalah suatu proses perubahan sosial dengan partisipatori yang luas dalam dalam suatu masyarakat yang dimaksudkan untuk kemajuan sosial dan material (Roger dalam Nasution, 2002")
F. Komunikasi Lingkungan
            adalah pemanfaatan proses komunikasi dan produk media secara terencana dan strategis untuk mendukung efektifitas pembuatan kebijakan, mendorong partisipasi masyarakat dan membantu implementasi program yang mengarah pada kesinambungan fungsi lingkungan hidup.
G. Komunikasi Tradisional
            adalah proses penyampaian pesan dari satu pihak ke pihak lain, dengan menggunakan media tradisional yang sudah lama digunakan di suatu tempat sebelum kebudayaannya tersentuh oleh teknologi modern.

9. Bidang Komunikasi Periode Lanjutan
A. Komunikasi bisnis/Perusahaan
            adalah proses penyampaian arti melalui lambang-lambang yang meliputi keseluruhan unsur-unsur yang berhubungan dengan proses penyampaian dan penerimaan pesan, baik itu dalam bentuk tulisan, lisan, maupun nonverbal yang dilakukan didalam suatu organisasi yang membayar orang yang bersama-sama memproduksi dan memasarkan barang-barang dan jasa guna memperoleh keuntungan (Dikemukakan oleh Persing (1981 : 108).
B. Komunikasi Internasional
            adalah suatu proses menyortir, memilih dan mengirimkan simbol-simbol sedemikian rupa sehingga membantu pendengar membangkitkan makna atau respon dari pikirannya yang serupa dengan yang dimaksudkan komunikator (Raymond S. Ross)


C. Komunikasi Spiritual
            adalah komunikasi yang terjadi antar manusia dan Tuhan. Atau dapat pula dipahami bahwa komunikasi spiritual berkenaan dengan agama. Artinya : komunikasi yang didasari nuansa-nuansa keagamaan ( Nina Syam : 2006 )
D. Komunikasi Transendental
            adalah komunikasi yang dilakukan atau yang terjadi antara manusia dengan Tuhannya. Jadi, partisipan dalam kounikasi transedental adalah Tuhan dan manusia.
E. Komunikasi Peradaban
            adalah suatu proses pemahaman terhadap gejala/ fenomena kehidupan bermasyarakat dalam pemikiran, sikap, dan perilaku yang memiliki ciri-ciri umum, kontekstual, interpretatif, mikroskopis, universal, menggombal, historis, progresif, serta rime series (periodisitas dan kontinuitas ) melalui simbol-simbol yang penuh makna berdasarkanideologi tertentu ( Nina Syam ).
F. Komunikasi Pesantren
            yaitu sebuah lembaga pendidikan tertua yang melekat dalam perjalanan kehidupan Indonesia sejak ratusan tahun silam, ia adalah lembaga pendidikan yang dapat dikatagorikan sebagai lembaga unikdan punya karakteristik tersendiri yang khas.
G. Komunikasi Kesehatan
            adalah penyampaian pesan kesehatan oleh komunikator melalui saluran/media tertentu kepada komunikan dengan tujuan untuk mendorong perilaku manusia tercapaianya kesejahteraan sebagai kekuatan yang mengarah kepada keadaan (status) sehat utuh secara fisik, mental ( rohani ), dan sosial ( Gochman :1988 ) 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar